Recent Posts

Rabu, 03 Desember 2008

CHATTING




1.Topik : Aplikasi web dan komunikasi asinkron.

2.Objektif : Agar mahasiswa dapat membuat aplikasi berbasis web yang dapat menangani session dan komunikasi asinkron.
3.Deskripsi persoalan:Mahasiswa (berkelompok, maksimal 3 orang per kelompok) diminta untuk membuat sebuah aplikasi chatting berbasis web dengan ketentuan sebagai berikut:

Tentang aplikasi chatting

a.Real time. Aplikasi chatting dijelaskan sebagai suatu aplikasi yang memungkinkan pengguna berkomunikasi tekstual secara langsung (live/real time) dengan pengguna lain.


b.Nickname. Pengguna harus memasukkan nickname (tanpa password) sebagai identifikasi unik dalam sistem. Nickname tersebut berlaku dan dikenali oleh sistem selama masa sesi pengaksesan berlangsung, hingga pengguna "keluar" dari ruang chatting atau browser ditutup.


c.Public room. Komunikasi berlangsung dalam sebuah ruang chatting virtual (public room) yang berisi banyak orang. Ketika masuk, pengguna langsung tergabung ke dalam public room di mana di ruang tersebut pesan dari seorang pengguna dapat dibaca oleh semua pengguna yang lain.


d.Send message. Pengguna dapat mengetikkan teks percakapan pada suatu area pengetikan pesan, dan menekan sebuah tombol (atau Enter) untuk mengirimkan teks tersebut. Teks pesan percakapan dari semua pengguna ditampilkan pada suatu area tampilan percakapan, terurut berdasarkan waktu diterimanya pesan tersebut oleh server. Pesan yang terakhir ditampilkan di bawah.


e.Auto refresh. Area tampilan percakapan otomatis diupdate selama beberapa detik sekali (dan pada saat pengguna mengirimkan pesan baru) sehingga pengguna selalu mengetahui percakapan pengguna lain yang sedang berlangsung tanpa harus melakukan refresh halaman secara manual.

0 komentar:

Posting Komentar

Submit Your Link